Cara Membersihkan & Melumasi Rantai Motor

Cara pakai oli rantai motor

Rantai adalah salah satu elemen penting dalam sebuah motor. Fungsinya adalah sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang motor, karena inilah peran rantai pada sebuah motor sangatlah vital, apabila tidak ada rantai motor tidak akan bisa berjalan.

Saat ini ada banyak sekali rantai yang dijual dipasaran, ada yang murah, sedang dan juga mahal. Namun sebagai pemilik motor yang baik, saya lebih memilih rantai ori dari pabrikan motor saya yaitu yamaha. 'kenapa pilih yang ori?' karena kualitasnya sudah terjamin.

Selain harus memilih rantai berkualitas jempolan, ada juga beberapa syarat agar rantai motor kesayangan tidak cepet kendor, kotor, berbunyi hingga efek paling bikin susah yaitu putus. Syaratnya adalah rajin untuk membersihkan rantai secara berkala dan melumasinya menggunakan oli rantai bukan oli bekas.

Kenapa dilarang menggunakan oli bekas? Namanya saja oli bekas, pasti banyak sekali kotoran-kotoran dalam mesin yang bercampur di oli bekas tersebut, satu lagi oli bekas bisa membuat debu menempel pada rantai yang bisa menjadi rantai semakin kotor dan memperpendek umur rantai.

Untuk membersihkan rantai, tidak perlu banyak dana. Cukup sediakan peralatan yang diperlukan dan niat yang kuat pasti rantai akan bisa bersih seperti baru lagi. Di artikel ini saya akan membagikan cara sederhana untuk membersihkan rantai motor sendiri tanpa harus ke bengkel.

Dilakukan sendiri tentu memiliki manfaat, yang pertama untuk mengisi waktu luang yang kedua tentu untuk menghemat pengeluaran. Untuk selengkapnya mari disimak yuk apa saja peralatan dan cara sederhana membersihkan rantai motor yang baik dan benar.

Peralatan

foto peralatan untuk membersihkan dan melumasi rantai motor

  • Bensin, bisa pertamax, pertalite atau premium.
  • Kunci 10mm, digunakan untuk membuka pelindung rantai
  • Oli khusus rantai, murah banget gan 1 botol 15 rb
  • Gelas bekas air mineral kecil
  • Sikat gigi bekas

Tutorial

foto cara untuk membersihkan dan melumasi rantai motor

1. Hal pertama yang pelu pembaca sekalian lakukan adalah membuka pelindung rantai terlebih dahulu, untuk membuka pelindung rantai New Vixion Lighning harus menggunakan kunci 10 atau bisa bro sekalian sesuaikan dengan baut yang ada di pelindung rantai motor yang ingin dibersihkan

foto cara untuk membersihkan dan melumasi rantai motor

2. Silahkan tuang pertamax yang akan digunakan untuk membersihkan oli rantai bekas yang menempel ke gelas plastik air mineral tadi.

foto cara untuk membersihkan dan melumasi rantai motor

3. Celup sikat gigi bekas ke gelas yang berisi pertamax tadi lalu gosok-gosokan ke rantai motor, jika ingin bersih maksimal silahkan terus gosok sambil menuang pertamax ke rantai yang digosok. Jangan lupa juga untuk membersihkan gear belakang.

foto cara untuk membersihkan dan melumasi rantai motor

4. Setelah rantai dan gear bersih, silahkan ambil pelindung rantai yang tadi dicopot, bersihkan bagian dalam dan luar menggunakan Sikat gigi bekas dan siram menggunakan pertamax agar bekas oli dan kotoran hilang.

foto cara untuk membersihkan dan melumasi rantai motor

5. Ambil oli rantai lalu semprotkan ke arah rantai sambil memutar ban hingga seluruh bagian rantai terlumasi dengan sempurna.

6. Setelah rantai dilumasi dan pelindung rantai bersih silakan pasang kembali pelindung rantai sebagaimana mestinya

foto cara untuk membersihkan dan melumasi rantai motor

7. Hasilnya joss bersih banget kan, selamat mas bro sudah berhasil membersihkan dan melumasi rantai motor sendiri

8. Berhubung Pertamax nya masih sisa silahkan masukan ke tangki masing-masing bro wkwk

Seperti itulah cara membersihkan dan melumasi rantai motor yang baik dan benar. Jangan lupa dibersihkan dan dilumasi secara berkala ya supaya rantai motor agan bisa awet tahan lama, terimakasih sudah membaca sampai jumpa!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membersihkan & Melumasi Rantai Motor"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang Bijak, Jangan Ngarep Bisa Nyepam