Ganti Kampas Rem Depan & Belakang New Vixion

gambar piringan cakram ori new vixion

Salah satu part motor yang sangat penting untuk diperhatikan adalah rem. Dengar kata rem, rasanya pembaca sudah kenal dengan part motor yang fungsinya untuk memberhentikan laju motor ini.

Rem merupakan salah satu bagian sangat penting, apabila rem tidak berfungsi atau bahasa kerennya blong, tentu ini akan membahayakan sang driver yang bisa mengakibatkan hal-hal berbahaya dalam berkendara seperti menabrak kendaraan lain.

Bahaya banget kan? Maka dari itu kinerja rem dalam sebuah motor sangat penting untuk diperhatikan baik itu rem belakang dan rem depan, karena rem depan dan belakang berperan sangat pentingnya.

Setelah 3 tahun, motor tunggangan saya yaitu New Vixion Lightning sudah harus mengganti part-partnya. Salah satunya kampas rem cakram yang sudah waktunya diganti, oh iya ada beberapa ciri-ciri perihal kampas rem motor harus diganti diantaranya:

  • Berbunyi ketika digunakan
  • Kepakeman rem berkurang
  • Dan hal-hal nggak enak lainnya

Mengingat ciri-ciri diatas sudah terjadi pada New Vixion Lightning saya, itu pertanda waktunya saya untuk mengganti kampas rem cakram belakang supaya remnya kembali pakem dan kembali siap diajak jalan-jalan lagi.

Sembari menunggu gajian dari hasil saya menjadi penulis, saya pun browsing-browsing ke salah satu situs belanja online ternama di Indonesia yaitu Bukalapak. Setelah browsing-browsing, akhirnya saya menemukan kampas rem cakram yang cocok untuk si Britos (sapaan New Vixion Lightning saya).

Sebenarnya saya hanya ingin mengganti kampas rem belakang motor saya, akan tetapi karena ada harga promo sepasang kampas rem cakram depan belakang New Jupiter MX yang bisa subtitusi dengan New Vixion Lightning, saya jadi berniat mengganti kampas rem cakram depan dan belakang sekalian.

Beberapa hari berlalu saya ditelpon oleh kurir JNE, sang kurir mengatakan bahwa dia akan mengantarkan barang orderan saya. Dengan senang hati saya menunggu di rumah tanpa perlu menjelaskan dimana letak rumah saya karena mas-mas kurir JNE sudah sering ke rumah.

Selang beberapa jam sejak sang kurir menelpon, akhirnya tiba juga orderan kampas rem depan belakang yang saya tunggu. Setelah berbincang beberapa saat, akhirnya sang kurir memberikan paket kiriman tersebut.

Sewaktu membuka kiriman, saya dibuat terkejut karena kampas rem yang saya terima ori. Wah seneng cak, sepasang dapat kampas rem ori dengan harga 26 ribu saja. Saya bandingkan dengan harga kampas rem ori dibengkel sebelah jelas jauh lebih mahal dibandingkan dengan kampas rem yang saya beli.

gambar kampas rem depan dan belakang ori new vixion

Kampas rem yang saya beli ada dua, satu kampas rem depan ori yang berkode part vixion yaitu 3CI dan kampas rem belakang berkode part 50C bawaan New Jupiter MX. Semua kampas rem tersebut pnp alias bisa langsung pasang tanpa perlu ubahan lagi.

Keesokan hari setelah tiba, akhirnya saya memutuskan untuk ke bengkel langganan yaitu Saudara Motor yang terletak di Wirolegi Jember. Setibanya disana saya langsung memaparkan jika saya minta tolong sang montir untuk memasang kampas rem cakram untuk si Britos.

Setelah terpasang kenapa kok rem bagian belakangnya kurang pakem, sang montir pun mengecek hal itu tak lama kemudian dia menghampiri saya dan berkata 'mas minyak remme karri sitik, wayae ganti'. Dan dia meminta persetujuan perihal penggantian minyak rem.

Tanpa pikir panjang, saya langsung mengiyakan saran sang montir, saya juga meminta sang montir mengganti minyak rem bagian depan sekalian supaya tidak nanggung biar depan belakang pakem banget bisa diajak geber-geberan.

Selang beberapa lama, akhirnya sang montir menghampiri saya dan mengatakan jika kampas rem dan minyak rem sudah terpasang dengan sempurna. Dan akhirnya sayapun menuju kasir untuk membayar biaya, oh iya untuk mengganti kampas rem dan minyak rem saya merogoh kocek sebesar Rp 23.500 dengan rincian sebagai berikut:

  • Kampas rem depan & belakang : Rp 26 ribu
  • Ongkir JNE: Rp 33 ribu
  • Minyak Rem: Rp 13,5 ribu
  • Biaya pasang: Rp 10 ribu
  • Total: Rp 82,5 ribu

Murah banget kan? Jangan males-males ganti kampas rem pada motor kesayangan bro. Selain bisa bikin kecelakaan, telat ganti kampas rem bisa mengakibatkan piringan cakram terkikis. Jika piringan cakram terkikis tentu biaya menggantinya lebih mahal.

Saya kira itu saja postingan mengenai ganti kampas rem depan dan belakang New Vixion Lightning kali ini, semoga bisa menjadi referensi sobat sekalian dalam penggantian kampas rem motor kesayangan. Akhir kata terimakasih sudah membaca postingan ini, sampai jumpa!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ganti Kampas Rem Depan & Belakang New Vixion"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang Bijak, Jangan Ngarep Bisa Nyepam