7 Peralatan Yang Harus Ada Pada Bagasi Jok Motor

gambar bagasi jok motor

Setiap motor pasti dilengkapi dengan Jok. Fungsi jok tersebut adalah sebagai tempat menyimpan barang. Ukuran bagasi setiap motor berbeda-beda, ada yang kecil (biasanya pada motor sport), Sedang dan tidak sedikit pula motor yang memiliki jok berukuran besar seperti pada motor matic.

Dalam berkendara tentu kita wajib berjaga-jaga, terutama berjaga-jaga mengatasi motor mogok. Nah untuk mengatasi hal tersebut kita harus memanfaatkan fungsi jok atau bagasi motor untuk menyimpan pekakas-pekakas yang bisa bermanfaat untuk mengatasi situasi sulit saat berkendara misalnya motor mengalami trouble atau mogok.

Apa saja sih peralatan yang harus ada disebuah jok motor? Saya sudah memilih beberapa pekakas yang perlu atau wajib ada dalam bagasi motor. Apa saja kira-kira? Mari terus disimak ya

1. Obeng

Yang pertama kali harus ada di jok motor adalah obeng. Fungsi obeng akan bermanfaat untuk mengatasi hal-hal kurang nyaman dalam berkendara Seperti mengencangkan baut dan juga sebagai alat pendukung kunci busi.

2. Kunci Busi

Kecil namun sangat penting itulah kunci busi. Perannya sangat vital mengingat busi merupakan salah satu bagian dari motor yang berperan penting. Apabila busi mati, tentu motor juga akan mati. Maka dari itu persiapkan kunci busi dan juga obeng pada jok motor kesayangan.

3. Busi Cadangan

Busi cadangan juga wajib untuk dibawa ya gais. Apabila motor mengalami mogok, kamu sudah membawa obeng dan kunci busi akan tetapi tidak membawa busi cadangan, tentu hal tersebut percuma. Mengingat busi merupakan part yang umurnya pendek, tentu membawa busi cadangan adalah hal yang wajib kamu lakukan.

4. Kunci Pas

Kunci pas juga termasuk pekakas penting gais, fungsi kunci pas sendiri akan bermanfaat untuk mengatasi hal-hal mendasar seperti mengencangkan baut kendor atau menyetel kekencangan rantai. Tenang saja, kamu tidak perlu membawa kunci pas satu set, cukup sediakan kunci pas berukuran 10, 12 dan 14.

5. Tang

Selain harus membawa obeng, kunci pas dan kunci busi, kamu juga perlu membawa tang. Tang bisa dimanfaatkan untuk membuka tutup oli untuk memastikan ketinggian oli, penting banget kan? Harap diingat kekurangan oli dapat mengakibatkan usia mesin menjadi lebih cepat karena beberapa parts bergesekan secara langsung tanpa terlumasi.

6. Jas Hujan

Waktu dengan kata 'jas hujan' tentu pembaca sudah paham betul seluk-beluk mengenai jas hujan. Jas hujan merupakan salah satu pekakas penting untuk melindungi pakaian dari hujan, jas hujan memang peralatan paling gede dibandingkan pekakas yang wajib ada pada jok motor lain, beberapa jok motor tidak bisa menampung tool ini. Bagaimana apabila jok motor tidak pas ditempati jas hujan? Simpel siapkan sedikit dana untuk membeli tas tabung.

7. Kanebo

Saat hujan, fungsi kanebo sangat dibutuhkan. Mengingat karakteristik kanebo yang bisa menyerap air dengan cepat, tentu ini akan bermanfaat untuk membersihkan body motor yang terkena air hujan. Kanebo juga bisa digunakan untuk menlap debu pada motor dengan syarat di basahi terlebih dahulu.

Sudahkah ketujuh peralatan tesebut ada pada jok motor kamu? Jika belum ada harap dilengkapi ya. Akhirkata terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa untuk menklik tombol share supaya teman kamu juga mengerti apa saja pekakas yang wajib ada pada bagasi motor.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "7 Peralatan Yang Harus Ada Pada Bagasi Jok Motor"

  1. Mantap, jangan lupa bawa minyak cadangan kalo motor nya biros dan jalan jarak jauh, pengalaman dirobgmoydor di tempat sunyi, anjir serem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tambahan nih, kalo matic sih enak gan bagasinya gede. Kalo sport susah gan hehe

      Hapus

Berkomentarlah yang Bijak, Jangan Ngarep Bisa Nyepam