Review, Kelebihan & Kekurangan Oli Yamalube Sport

gambar botol oli yamalube sport terbaru

Dengar merk Yamalube, sebagian besar atau bahkan semua pecinta motor Indonesia khususnya pengguna motor buatan Yamaha pasti sudah kenal betul dengan oli buatan pabrikan motor berlogo garpu tala tersebut.

Memang Yamaha menganjurkan pengguna motor Yamaha menggunakan oli merk Yamalube yang mudah banget didapatkan baik itu di dealer resmi atau bengkel pinggir jalan atau yang disingkat bepilan.

Yamalube memiliki banyak varian, mulai dari Yamalube khusus motor bebek, matic hingga motor sport. Khusus motor sport, Yamalube tersedia dalam 2 varian yaitu Yamalube sport dan Yamalube super sport.

gambar oli yamalube sport untuk byson, old vixion, new vixion, jupiter mx, mx king, r15 dan r25

Di postingan kali ini, saya akan membahas tentang review Yamalube sport berdasarkan pengalaman saya menggunakan oli ini pada motor kesayangan saya yaitu New Vixion Lightning lansiran 2015 berwarna hitam yang saya berinama britos.

Yamalube sport yang saya gunakan adalah oli semi sintetik dengan tingkat kekentalan 10w-40. Spesifikasi tersebut sangat cocok untuk New Vixion Lightning saya yang membutuhkan oli encer, oh iya ada beberapa fitur dari oli Yamalube sport diantaranya.

Fitur

  1. Performance
  2. formula API service SL semakin melindungi mesin dari keausan, kerak, jelaga dan oksidasi untuk mesin semakin optimal

  3. Environment
  4. Formula dengan kualitas tinggi menghasilkan gas buang yang lebih rendah dan ramah lingkungan

  5. Eficiency
  6. Viskositas yang optimal dan tingkat penguapan yang rendah dan ramah lingkungan

  7. Durablity
  8. formula sintetik memberikan perlindungan mesin yang baik dalam jangka waktu yang lama

Nah itulah fitur-fitur atau khasiat (cie udah kaya obat aja nih hehe) dari oli Yamalube sport yang bisa ditebus dengan harga 40 ribu. Bagaimana dengan kenyataannya? Sesuai kah dengan tulisan yang tertera pada botolnya? Simak reviewnya yuk.

Review

Kesan pertama sewaktu menghidupkan motor setelah mengganti oli pada si britos yang saya rasakan adalah suara motor lebih kasar dari sebelumnya, sebelumnya saya menggunakan oli Shell Advance AX7 (Baca: Review Shell Advance AX7).

Sewatu mengendarai sang motor pulang dari dealer yang terletak di Kebonsari, Jember (jarak 35+ km) tarikan terasa responsive untuk rpm rendah, sangat mudah banget untuk menggapai kecepatan 60 km/jam, pemindahan gigi cukup nyaman walaupun agak berisik.

Oli Yamalube sport nyaman sekali untuk bermain pada RPM rendah, berbanding terbalik pada saat saya menggeber si britos pada RPM tinggi, tarikan terasa berat banget suara mesin makin kasar dan terlihat loyo berbeda saat saya menggunakan oli Shell Advance AX7.

Ngomong-ngomong tentang tahan lama enggaknya, saya rasa oli Yamalube sport hanya mampu bertahan hingga 1000 KM saja, pada pemakaian lebih dari 1000 KM, sudah terasa sekali hal-hal yang kurang mengenakkan seperti oper gigi keras dan berisik dan suara mesin makin kasar.

Salah satu kelemahan oli Yamalube sport adalah susahnya untuk menetralkan posisi gear sehabis melakukan perjalanan jauh atau kondisi mesin panas. tapi well kualitas oli ini cukup bagus untuk sebuah oli seharga 40 ribu rupiah, sangat cocok untuk sampean yang suka menggeber motor pada RPM rendah. Berikut ini kekurangan dan kelebihan oli Yamalube sport berdasarkan penilaian saya:

Kelebihan

  • Harga tergolong murah untuk sebuah oli resmi pabrikan motor
  • Sangat joss untuk RPM Rendah
  • Mudah didapatkan dimana saja
  • Garansi mesin aman jika menggunakan oli ini

Kekurangan

  • Suara mesin kasar
  • Kurang cocok untuk RPM Tinggi
  • Hanya mampu bertahan hingga 1000 KM

Well itu saja ulasan mengenai Oli Yamalube Sport lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya berdasarkan pengalaman pemakaian pada New Vixion Lightning. Ada yang mau menambahkan? Silahkan tulis pengalaman bro sekalian dikolom komentar cak! Salam geber!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Review, Kelebihan & Kekurangan Oli Yamalube Sport"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang Bijak, Jangan Ngarep Bisa Nyepam