#4 Kelebihan Motor Kopling Manual

gambar motor kopling manual title=

Semua motor sport baik itu fairing maupun naked pasti dilengkapi dengan tuas kopling. Tentu tuas kopling yang terletak pada stang bagian kiri tersebut berfungsi untuk mengatur kapan memutus dan menyambung putaran mesin.

Biasanya kopling akan digunakan pada saat pengendara menaikan atau menurunkan gigi. Apabila tuas kopling tidak ditarik terlebih dahulu oper gigi akan terasa berat bahkan bisa juga motor akan mati secara mendadak.

Cara kerja kopling manual pada putaran mesin yang kemudian akan diteruskan menuju transmisi pada roda belakang, sehingga pada saat kanvas yang berada pada kopling menyala dan merapat pada pada pelat kopling akan menyebabkan transmisi dari engkol ke transmisi akan terputus jika kanvas pada pelat kopling terjadi kerenggangan.

Di artikel ini, saya akan membahas kelebihan dari motor koplingan atau kopling manual. Biar nggak kepanjangan atau bertele-tele langsung saja yuk disimak kelebihan-kelebihan yang terdapat pada motor kopling manual.

1. Kendali Penuh

Kelebihan pertama dari motor kopling manual adalah brosist bisa mengendalikan perpindahan gigi sesuka hati. Dengan adanya tuas kopling disebelah kiri stang tentu brosist bisa mengatur kapan transmisi akan terputus dan tersambung.

2. Lebih Responsif

Yang dimaksud responsif disini adalah tarikannya. Pengen bukti? Coba sobat langsung melepas tuas kopling begitu memutar gas yang akan membuat sepeda motor seperti mau loncat. Memang tarikan dari motor berkopling manual lebih sangar, daripada motor kopling otomatis dan matik

3. Oper Gigi lebih Smooth

Kelebihan dari motor kopling manual ketiga ini merupakan dampak dari kelebihan yang pertama. Tentu dengan kendali kopling yang bisa diatur, transmisi atau oper gigi akan terasa halus sehingga motor bisa lebih awet.

4. Perawatan Lebih Mudah

Untuk merawat motor kopling manual, brosist hanya perlu memastikan waktu yang tepat untuk ganti oli, jangan lupa juga untuk mengganti kampas kopling apabila motor sudah menempuh jarak 50.000 KM.

Tenang saja beberapa motor bisa saling subtitusi kampas kopling, jadi apabila sobat tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli kampas kopling original, sobat bisa subtitusi dengan kampas kopling motor lainnya yang lebih murah.

Itulah kelebihan yang bisa brosist dapatkan dari motor kopling manual. Tentu agar performa motor tetap maksimal, brosist harus memperhatikan perawatan. Terimakasih sudah membaca, sampai jumpa!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "#4 Kelebihan Motor Kopling Manual"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang Bijak, Jangan Ngarep Bisa Nyepam