Kelebihan serta Kekurangan dari Motor Injeksi

gambar motor injeksi

Motor dengan sitem pembakaran injeksi belakangan ini banyak sekali. Hal ini disebabkan karena motor keluaran terbaru dari pabrikan semuanya menggunakan sistem pembakaran injeksi atau fuel injection.

Seperti diketahui, motor dengan sistem pembakaran konvesional atau karburator semakin ditinggalkan dan digantikan oleh sistem pembakaran injeksi yang lebih moderen dan lebih sempurna pembakaranya.

Sistem pembakaran injeksi pertama kali mulai muncul ke pasar otomotif pada tahun 2005. Karena mendapat respon pasar yang baik, perlahan namun pasti motor injeksi berhasil membuat sistem pembakaran karburator terlupakan.

Sistem injeksi merupakan pengembangan dari karburator. Tentu sistem injeksi diproyeksikan untuk menutupi kekurangan dari sistem karburator yang kurang efisien.

Walaupun disebut-sebut sebagai sistem pembakaran hasil pengembangan dari karburator. Sistem pembakaran injeksi juga masih memiliki kekurangan, apa saja? Berikut kekurangan dan kelebihan dari sistem pembakaran injeksi.

Kelebihan Motor Injeksi

  • Pembakaran lebih irit, karena diatur sempurna oleh sensornya
  • Perawatan mudah, brosist hanya perlu menggunakan injector cleaner atau carbon cleaner
  • Penyetelan mudah, motor injeksi tidak perlu bongkar-bongkar seperti karbu, sobat tinggal menggunakan Electronic Control Module
  • Ramah lingkungan karena pembakaran terjadi secara sempurna yang menimbulkan pembuangan emisi gas lebih kecil

Kekurangan Motor Injeksi

  • Belum tentu bengkel biasa bisa menservis motor injeksi jadi sobat perlu ke bengkel resmi
  • Harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan motor yang menggunakan sistem pembakaran karburator

Itulah kekurangan dan kelebihan dari motor yang menggunakan sistem pembakaran injeksi. Dibalik kelebihan pasti ada kekurangannya, pilih dengan bijak sesuaikan dengan kebutuhkan. Terimakasih sudah membaca, sampai jumpa!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kelebihan serta Kekurangan dari Motor Injeksi"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang Bijak, Jangan Ngarep Bisa Nyepam