Pengertian, Fungsi & Bagian-Bagian Busi (Spark Plug)

Gambar Busi New Vixion

Seperti yang diketahui busi merupakan salah satu part yang fungsinya sangat penting untuk mesin terutama pada sepeda motor dan mobil. Sebenarnya apa sih pengertian, sistem kerja dan juga bagian-bagian yang ada pada busi atau yang dalam bahasa Inggris disebut spark plug ini?

Pengertian Busi

Busi adalah sebuah suku cadang yang diletakkan pada pada bagian dalam dari mesin pembakaran dengan ujung electrode besi pada ruang bakar. Fungsi busi adalah bertugas untuk memercikkan bunga api yang dibutuhkan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah dikompresi hingga menjadi langkah usah.

Cara Kerja Busi

Sementara itu cara kerja busi dimulai ketika arus listrik dihidupkan oleh koil pengapian. Perlu dicatat koil menghasilkan sumber listrik yang cukup tinggi, arus listrik tersebut lalu mengalir ke distributor, kabel tegangan tinggi dan juga busi.

Nah pada saat arus listrik ada di busi, arus tersebut akan lompat dari elektrofa tengah menuju elektroda negative (masa). Proses inilah yang menghasilkan percikan bunga api yang bertugas untuk membakar kabut bahan bakar sehingga membuat mesin motor bisa hidup dan bekerja sebagaimana mestinya.

Penting banget memang peran busi dalam sebuah mesin, apabila busi dalam motor mati tentu mesin akan tidak bisa dihidupkan. Maka dari itu busi merupakan salah satu sparepart yang harus ada pada bagasi jok motor seperti yang sudah saya bahas di artikel peralatan yang harus ada pada bagasi jok motor.

Bagian-Bagian Busi

Gambar bagian-bagian pada busi

Dalam sebuah busi, terdapat bagian-bagian yang ada bekerja sama untuk menghasilkan percikan api. Tentu bagian-bagian tersebut bekerja sama pentingnya, berikut ini adalah bagian-bagian yang ada dalam sebuah busi.

1. Terminal

Terminal berfungsi sebagai penghubung antara busi dengan koil pengapian. Biasanya terminal busi memiliki konektor berupa plug, namun ada juga yang menggunakan konektor dengan model terminal kabel.

2. Ribs

Apa itu ribs? Ribs adalah lekuk-lekuk yang ada pada bagian insolator. Ribs berfungsi sebagai patokan jarak antara inti elektroda dengan ground. Semakin jauh jaraknya ambatan antar inti besi dan ground semakin besar hingga tegangan tidak dapat lompat dari inti besi ke ground sekitar busi

3. Insulator

Insulator adalah bagian busi yang berfungsi untuk memberikan topangan mekanik bagi inti elektroda yang berada ditengahnya sekaligus sebagai isolator elektrik terhadap tegangan tinggi yang akan mengalir di inti elektroda. Umumnya insulator terbuat dari keramik atau porselen

4. Insulator Tip

Insulator Tip teletak pada bagian ujung busi. Bagian ini akan mengalami pembakaran pada ruang bakar, jadi bahan insulator tip biasanya terbuat dari bahan yang tahan panas. Biasanya, insulator tip akan tetap kuat menahan panasnya proses pembakaran hingga 600 derajat celcius dan mampu menahan beban hingga 60.000 Volt.

5. Seal

Sesuai namanya, fungsi seal adalah sebagai penyegel atau pembatas agar kompresi yang ada pada ruang bakar tidak mengalir keluar.

6. Metal case

Selain dikenal dengan sebutan metal case, bagian ini juga disebut jaket. Fungsi dasar dari metal case adalah sebagai pengunci busi ke silinder head. Metal case juga memiliki fungsi lain diantaranya sebagai konduksi hingga panas dari busi bisa dikonduksikan ke tempat lain, selain itu metal case juga berfungsi sebagai sebagai ground pada busi.

7. Centre Electrode

Biasanya Centre Electrode terbuat dari bahan campuran dari nikel, tembaga dan chromnium. Inti dari centre electrode terhubung dengan bagian kepala busi melalui melalui penghubung internal yang di selubungi oleh keramic insulatornya.

8. Ground

Bagian ini adalah bagian paling ujung busi yang bersinggungan langsung dengan body. Pada bagian ini elektron akan melompat elektroda inti ke ground terdekat. Biasanya bagian ini terbuat dari bahan yang memiliki daya hantar yang baik.

Itulah pengertian dan juga bagian-bagian yang terdapat pada spark plug atau yang sering kita kenal dengan sebutan busi. Semoga artikel ini bisa membantu sobat sekalian mengenal lebih jauh lagi tentang busi. Akhir kata terimakasih sudah membaca artikel kali ini, sampai jumpa!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian, Fungsi & Bagian-Bagian Busi (Spark Plug)"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang Bijak, Jangan Ngarep Bisa Nyepam