Kapan Harus Ganti Oli Motor? Simak Tipsnya Disini

foto oli terbaik untuk motor

Salah satu perawatan motor yang harus dilakukan adalah mengganti oli. Oli memiliki peran sangat penting dalam mesin sebuah motor.

Fungsi oli adalah melumasi bagian dalam mesin yang bergesekan pada saat motor dinyalakan. Bila tidak ada oli dalam mesin, bagian dalam motor akan mengalami gesekan langsung dan berakibat rontoknya bagian dalam mesin.

Jika hal tersebut terjadi tentu motor bro sekalian akan mengalami kerusakan, tak tanggung-tanggung kerusakan tersebut termasuk kerusakan parah yang bisa menyedot banyak uang untuk memperbaikinya?

Bagaimana cara mencegah hal tersebut?

Sebenarnya sangat gampang untuk mencegah rusaknya onderdil bagian dalam motor akibat oli mesin tersebut. Caranya adalah dengan mengganti oli pada waktu yang tepat.

Di artikel ini saya akan membahas mengenai 'kapan sih waktu yang tepat untuk mengganti oli motor' tentu penggantian oli pada waktu yang tepat akan membuat motor anda bekerja dengan baik dan terhindar dari rusaknya bagian dalam mesin motor akibat telat ganti oli.

Waktu yang tepat untuk mengganti oli motor

  • 1. Perhatikan Jarak Tempuh
  • Yang pertama harus bro-bro perhatikan adalah jarak tempuh motor setelah menggunakan oli yang anda pakai. Biasanya para pabrikan oli motor mematok jarak 1000-1500 KM sebagai patokan kapan harus ganti oli motor, alangkah baiknya jika anda mematuhi saran dari pabrikan oli motor tersebut.

  • 2. Rutin cek stik oli
  • Beberapa motor mungkin sangat haus oli salah satunya motor New vixion lightning yang saya gunakan, apalagi ridernya sudah menggeber motor pada RPM tinggi atau simpelnya kebut-kebutan . Patokan jarak tempuh tentu tidak efektif untuk menjadi penanda kapan harus ganti oli, solusinya silahkan buka tutup oli anda dan perhatikan ketinggian olinya. Bila ketinggian oli sudah termasuk rendah silahkan ganti oli motor anda, jika terus diabaikan, mesin akan mengalami kekurangan oli dan kerusakan pada mesin motor akan terjadi.

  • 3. Rasakan mesin
  • Terkadang ada juga oli yang walaupun jarak tempuh masih rendah dan ketinggian oli masih pas harus diganti. Mengapa demikian? Tidak semua oli berkualitas bagus, ada juga yang jelek apalagi maraknya oli-oli palsu yang beredar dipasaran.

    Maka dari itu rasakan performa mesin motor anda, jika tarikan tidak terasa dan opergigi kasar silahkan ganti oli yang anda gunakan dengan oli baru. Lebih bagus lagi jika anda menggunakan oli berkualitas bagus yang cocok dengan motor yang anda gunakan (Cek: Review Shell advance AX7 untuk New Vixion)

Itulah beberapa tips memilih waktu yang pas untuk ganti oli versi deltalova. Mengganti oli pada waktu yang tepat tentu akan berdampak positif pada motor, jangan pelit-pelit ya gan hehe. Terimakasih sudah membaca artikel ini jangan lupa share biar teman-teman juga mengerti cara mengetahui kapan harus ganti oli motor.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kapan Harus Ganti Oli Motor? Simak Tipsnya Disini"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang Bijak, Jangan Ngarep Bisa Nyepam