Inilah Pertanda Kampas Kopling Motor Harus diganti

Gambar Kampas kopling baru sepeda motor

Setiap sepeda motor pasti memiliki part yang bernama kampas kopling. Biasanya kampas kopling terletak pada bagian dalam mesin tepatnya pada blok sebelah kanan mesin motor (CMIW).

Kampas kopling merupakan salah satu part motor yang sangat penting sekali fungsinya, maka dari itu kampas kopling perlu kita ganti secara berkala jangan nunggu sampai benar-benar aus. Sebenarnya apasih kegunaan dari kampas kopling pada motor?

Fungsi Kampas Kopling

  1. Menghubungkan engkol mesin dengan gear hal ini membuat putaran mesin bisa tersalurkan ke rantai dan roda sehingga motor bisa bergerak
  2. Melepaskan koneksi mesin dengan transmisi pada saat pengendara ingin mengoper gigi
  3. Menghubungkan kembali mesin dan transmisi secara perlahan-lahan agar motor bisa berjalan
  4. 4
  5. Mengatur tenaga yang dihasilkan dari mesin ke transimisi yang dapat mengatur kecepatan mesin sesuai tarikan gas

Nah bisa bro sekalian perhatikan, penting sekali memang fungsi kampas kopling pada motor ini. Dilihat dari sistem kerjanya, wajar sekali rasanya apabila kampas kopling bisa aus apalagi buat sampean yang suka menggantung kopling, wah jangankan menggantung kopling, menggantung hubungan juga pasti bikin cepet minta ganti hehe.

gambar kampas kopling, plat dan rumah kopling new vixion

Berhubung perannya yang sangat vital, tentu kita wajib memperhatikan kondisi layak tidaknya kampas kopling. Apabila terus diabaikan tentu akan berakibat plat kopling dan rumah kopling ikut terkikis. Wah ngeri banget kan, berikut ini ciri-ciri kampas kopling harus diganti

Ciri Kampas Kopling Habis

  1. Selip Kopling
  2. Yang pertama kali ini sering terjadi pada hampir semua motor yang kampas koplingnya sudah mulai aus. Sebenarnya seperti apa sih kondisi selip kopling itu? Selip kopling adalah suatu momen dimana putaran mesin tidak mampu disalurkan ke transmisi meski kopling terlepas. Hal ini biasanya dibarengi dengan motor yang tidak bisa berakselerasi walaupun sudah digeber.

  3. Speed Motor Berkurang
  4. Hal ini merupakan bawaan dari ciri pertama yang sudah kita bahas tadi, efek dari selip kopling mengakibatkan tenaga motor terbuang sia-sia karena akselerasinya tidak maksimal. Tentu ini berefek pada pembuangan bahan bakar yang sia-sia karena tidak dibarengi dengan tenaga yang keluar.

  5. Bersuara Kasar saat digeber RPM Tinggi
  6. Hal ini mudah banget dikenali terutama pada saat digeber pada RPM tinggi. Ternyata motor bersuara kasar saat digeber pada RPM tinggi terjadi akibat flywheel mesin bergesekan dengan kampas kopling. Karena kampas kopling sudah aus tentu hanya akan menghasilkan suara yang kasar banget tidak dibarengi dengan kecepatan yang sesuai.

  7. Mesin Cepat Panas
  8. Karena flywheel bergesekan dengan kampas kopling secara langsung, tentu efek panas akan terasa sama halnya dengan piringan cakram yang bergesekan langsung dengan kampas. Apalagi kampas kopling yang digunakan sudah aus, dijamin makin cepet panas tuh mesinnya.

  9. Sulit Oper Gigi
  10. Biasanya kasus ini terjadi ketika kampas kopling benar-benar aus atau tidak layak pakai. Kondisi ini terjadi akibat panas yang mengakibatkan kampas kopling dan flywheel merekat, tentu ini akan mengakibatkan preseneling lebih keras dari biasanya. Tidak menutup kemungkinan juga oper gigi akan mengalami masalah besar karena terlalu keras.

  11. Kick Starter Terlalu Ringan
  12. Kondisi ini adalah suatu momen dimana kita hendak menghidupkan motor menggunakan kick starter, akan tetapi kick starter nya ringan banget atau simpelnya ngelos. Ini diakibatkan oleh kampas kopling yang sudah sangat tipis atau aus.

Nah itulah ciri-ciri kampas kopling yang sudah aus atau harus diganti. Supaya kampas kopling dapat bertahan lama, biasakan sobat untuk membiasakan diri menggunakan kopling secara halus, jangan sering-sering menggantung kopling dan gunakan oli yang sesuai dengan motor kesayangan.

Berapa sih biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti kampas kopling? Umumnya harga kampas kopling original memiliki harga mulai dari 100 ribu hingga 250 ribu, jangan lupa juga untuk dibarengi dengan mengganti oli motor. Terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa, salam geber cak!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Pertanda Kampas Kopling Motor Harus diganti"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang Bijak, Jangan Ngarep Bisa Nyepam