Pilih Aki Kering atau Basah? Simak Ulasannya disini

gambar aki kering dan aki basah

Aki merupakan salah satu jenis baterai yang digunakan sebagai pemasok daya, biasanya aki banyak digunakan pada sepeda motor dan mobil. Peran aki bisa dikatakan sangat penting, mengingat motor membutuhkan arus listrik terutama pada motor yang menggunakan sistem pembakaran injeksi.

Saking pentingnya peran aki dalam motor injeksi, ada beberapa motor injeksi yang tidak bisa hidup apabila aki yang digunakan tekor seperti New Vixion Lightning, Xabre, Ninja FI dan Z250.

Fungsi aki memang sangat vital, tertutama pada sepeda motor jaman sekarang yang bersistem pembakaran injeksi diantaranya menyalakan starter mesin, memberi daya kepada dasbor sebagai pemberi informasi mengenai motor, memberi arus ke ECU dan menyalakan fuel pump.

Di pasar otomotif ada 2 jenis aki yang biasanya digunakan pada sepeda motor dan juga mobil yaitu aki kering dan aki basah. Aki kering menggunakan gel untuk merendam sel aki sedangkan aki basah menggunakan air aki sebagai perendam sel aki.

Ingin mengganti aki namun bingung memilih aki kering atau aki basah? Ulasan berikut akan membantu sobat sekalian untuk mengetahui kekurangan serta kelebihan antara aki kering dan aki basah, disimak dengan seksama ya.

1. Aki Basah

gambar aki basah

Mari kita mulai dengan aki basah, aki basah juga disebut dengan aki konvesional yang dikenal manja karena butuh perawatan. Aki basah menggunakan cairan elektrolit yang butuh perawatan dan cek selalu ketinggiannya, berikut ini adalah kekurangan serta kelebihan dari aki basah.

Kelebihan Aki Basah

  1. Langsung pakai tanpa perlu disetrum
  2. Harga lebih murah jika dibandingkan dengan aki kering
  3. Apabila aki basah rusak masih bisa diperbaiki
  4. Air aki bisa ditambah

Kelemahan Aki Basah

  1. Repot karena perlu perawatan
  2. Tegangan yang dihasilkan tidak stabil

2. Aki Kering

gambar aki basah

Aki kering belakangan ini sering menjadi pilihan para produsen motor pada produk terbarunya. Aki kering menggunakan gel yang bebas perawatan tidak seperti aki basah. Ukuran aki kering biasanya lebih kecil dibandingkan aki basah. Apa saja kekurangan dan kelebihan aki kering? Yuk disimak

Kelebihan Aki Kering

  1. Bisa langsung pakai tanpa cas terlebih dahulu
  2. Bebas perawatan karena menggunakan gel bukan cairan
  3. Tegangan lebih stabil, cocok sekali buat motor injeksi yang membutuhkan aki stabil

Kekurangan Aki Kering

  1. Harga lebih mahal
  2. Dibisa diperbaiki jika rusak

Kesimpulan

Pilihlah aki sesuai dengan spesifikasi motor kesayangan bro sekalian. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dana, apabila sobat punya dana yang besar tebuslah aki kering, begitu juga sebaliknya apabila punya dana terbatas sobat bisa membeli aki basah. Perlu diingat, pemakaian merupakan faktor penting lama tidaknya usia aki.

Saya rasa itu saja tolak ukur memilih aki kering atau aki basah yang menjadi bahasan kali ini. Bagaimana sudah menentukan pilihan? Atau masih bingung? Apabila pembaca masih bingung, silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pilih Aki Kering atau Basah? Simak Ulasannya disini"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang Bijak, Jangan Ngarep Bisa Nyepam