Pengalaman Atasi Drat Busi Motor Macet

Semua Bermula ketika Pagi hari dimana saya melakukan Ritual biasa yaitu Memanasi Motor. Setelah sekitar 3 menitan, saya kaget karena New Vixion Lightning saya berbunyi ndut-ndutan, sayangnya cuma ndut-ndutan ya enggak dangdut-dangdutan hehe.

Selang beberapa detik berbunyi ndut-ndutan Tiba-tiba motor kesayangan saya mati, saya pun curiga karena tidak biasannya motor saya mati secara mendadak.

foto busi new vixion Lightning

Businya disitu Bro


Tersangka pertama dalam kasus ini adalah Busi, beruntung saya sudah mengorder busi Cadangan dari Lazada yang tiba satu minggu sebelum insiden ini terjadi. Jadi awalnya saya tidak terlalu panik untuk mengatasi masalah ini.

Kemudian saya mengeluarkan Kunci Busi dari dalam jok. Saya pun mencoba untuk membuka busi yang sudah mati tersebut, betapa kagetnya saya karena busi tersebut keras banget. Walapun saya Coba sekuat tenaga, Busi tersebut tidak berputar sedikitpun, malahan obeng yang saya gunakan menjadi bengkok, 'walah-walah keras banget busi ini.

Setelah Mencari Solusi Dengan mengubek-ubek Google dan bertanya di beberapa Grup-grup Komunitas New Vixion saya mendapatkan beberapa rekomendasi. Rata-rata teman-teman di grup menyarankan untuk menyemprotkan WD40 ke busi macet tersebut.

foto WD40 Buat Motor

Bentuknya Kayak Gini Bro


Tanpa pikir panjang-panjang, Saya langsung nunut Om saya ke sempolan dengan tujuan untuk membeli WD40. Tak butuh waktu lama saya langsung mendapatkan WD40 yang saya incar tersebut dengan harga 50 Ribu rupiah.

Setelah tiba dirumah, Saya langsung menyemprotkan Cairan tersebut, Lalu saya coba untuk membuka busi tersebut. Hasilnya tetep keras bro, sehingga saya putuskan untuk menyemprot tiap busi tersebut mulai kering.

Keesokan Harinya, Saya terus mencoba membukanya. Tetep keras, sehingga saya mulai frustasi. Karena ribet banget, saya memutuskan untuk berdiskusi dengan bengkel terdekat dari rumah saya.

Sang montir menyarankan saya untuk membawa Motor New Vixion Lightning saya ke bengkelnya dengan Cara didorong menggunakan matic milik sang montir.

Tiba di Bengkel, Langsung saja sang montir mengeksekusi Busi Macet Tersebut. Tak lupa saya berikan WD40 kepada sang montir, sang montir pun menyemprotkan cairan tersebut berkali-kali dan membuka businya menggunakan kunci shock.

Betapa senangnya saya ketika sang montir berkata bahwa busi motor saya yang macet sudah berhasil dibuka. Langsung saja Montir tersebut memasang busi baru dan mencoba menghidupkan motor saya menggunakan kick starter, Langsung saja 'jreeng' motor saya hidup seperti biasanya.

foto busi new vixion Lightning

Foto Busi NVL yang Mati


Tak lupa si montir memberikan busi bekas motor saya yang mati, waktu dilihat wow banget. Busi motor mati tersebut berwarna hitam kotor banget kelihatannya, pantes saja jika drat busi tersebut macet karena sangat kotor sekali.

Setelah mengalami masalah tersebut ada beberapa tips nih buat sobat yang tidak ingin mengalami masalah busi macet seperti saya, berikut nih tipsnya:

  1. Semprot WD40 Secara Berkala
  2. WD40 Adalah cairan anti karat yang sudah tidak asing lagi buat pecinta motor. Alangkah baiknya sobat menyemprotkan Wd40 Secara berkala untuk membersihkan kotoran dari drat busi yang bisa mengakibatkan busi macet. Tenang saja kamu enggak perlu membuka busi, cukup semprotkan WD40 Bisa masuk ke cela-cela busi karena Cairan WD40 bisa masuk ke sela-sela terkecil sekalipun.
  3. Ganti Busi Secara Berkala
  4. Tentu kamu bro sekalian paham betul kenapa busi harus diganti secara berkala. Yap, memang busi memiliki usia yang berpatokan jarak tempuh. Umumnya busi memiliki usia pakai 8000km, harap ganti secara berkala ya. Selain bisa mati mendadak, jarang ganti busi juga mengakibatkan drat busi macet karena tidak pernah dibuka.


Itu saja sharing saya tentang pengalaman mengatasi drat busi macet. Semoga pengalaman dan tips berdasarkan pengalaman pribadi saya ini bisa bermanfaat untuk bro sekalian. Ada tips dari pembaca? Silahkan tulis dikolom komentar ya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengalaman Atasi Drat Busi Motor Macet"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang Bijak, Jangan Ngarep Bisa Nyepam